Inilah Nasihat yang Tidak Perlu Didengar Ketika Bayi Kamu Menangis

Hai mam, memiliki bayi adalah anugerah yang terinda yang tak ternilai harganya. Walau dalam kenyataannya kita sedikit kerepotan karena belum terbiasa ataupun belum siap dalam “mengabdikan” seluruh hidup kita untuk si Buah Hati.  Apalagi saat mengalami fase dimana bayi kita menangis terus.

Bayangkan! Sebagai wanita modern yang terbiasa aktif atau bahkan kerja kantoran, kita dituntut untuk melepaskan semua kebiasaan kita. Yah, disinilah dibutuhkan peran suami, teman, tetangga, saudara, atau bahkan orangtua untuk menemani, berbagi pengalaman, dan nasihat.

Namun berhati2lah bunda. Terkadang nasihat2 mereka belum tentu benar loh. Sebagai contoh, mereka memberi nasihat seperti :

Biarin saja ia nangis, biar kuat paru2nya..”, atau 

“Biarin saja, itu sehat, nanti juga diam sendiri”

Bund, ikutilah nalurimu sebagai Ibu yang sayang kepada anaknya. Karena, ternyata menurut ahli parenting dan dokter anak, membiarkan bayi menangis adalah salah.

Seperti kata pakar parenting Dr Howard Chilton, orang tua, terutama orang tua baru perlu mengedepankan insting mereka terkait bayinya. Soal membiarkan bayi yang menangis, Howard menegaskan ini jangan dilakukan karena kata Howard, seperti kita tahu bayi tidak memiliki ‘saklar’ dan sel otaknya sedang berkembang. Jadi, bayi nggak ngerti nih Bun kalau dia berada di situasi yang berbahaya atau nggak.

“Membiarkan bayi menangis dengan sengaja, sama saja mengabaikan dia. Selama itu pula bayi akan merasa ditelantarkan oleh ibunya,” kata Howard dikutip dari Essential Baby.

Ketika kita membiarkan si kecil menangis, kata Howard bayi akan merasa kalau ibunya mengabaikan dia. Nah, ketika dia menangis tapi nggak ada respons, Howard bilang bayi akan berhenti menangis karena itu jadi salah satu cara mereka menyelamatkan diri dari predator.

“Bayi perlu beradaptasi dengan lingkungannya setelah dia lahir karena lingkungannya saat ini berbeda sekali dengan saat dia di rahim. Yang bisa dilakukan orang tua adalah mendukungnya.  Untuk itu, ia berpesan supaya para bunda dan ayah nggak gampang ‘menelan’ nasihat yang dilontarkan orang lain. Akan lebih bijak kalau kita memilah nasihat yang disampaikan dan jangan kesampingkan juga insting kita sebagai orang tua.

Dikutip dari detikHealth, dr Hari Martono SpA dari RSPI-Pondok Indah bilang. bayi menangis tidak boleh dibiarkan karena ada yang namanya Breath Holding Spell. Kondisi ini di mana bayi menangis kejer sampai napasnya tertahan cukup lama sehingga warna mukanya membiru, hal ini dapat berisiko anak mengalami kejang, Bun.

“Menangis yang dibiarkan tidak dapat membantu menguatkan jantung dan paru bayi. Justru jika dibiarkan bisa menjadi fatal. Selain tangis bayi semakin kencang dan kejer, juga dapat menyebabkan breath holding spell. Ingat, menangis merupakan cara bayi berkomunikasi untuk mengutarakan keinginannya. Nah, kalau didiamkan dikhawatirkan bayi jadi nggak mempercayai orang tuanya sehingga hubungan orang tua dan anak jadi tidak baik,” kata dr Hari.

via haibunda

Author: Sevi Putri

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *